Thursday, November 27, 2008

Virus Komputer

Ketika kita mendengar kata virus komputer maka akan terbayang adalah hilangnya data data pada komputer atau komputer memiliki perilaku aneh yang merusak.

  • virus adalah sebuah program komputer yang dapat menyusup pada program /aplikasi yang diserang (misalnya aplikasi pengolah kata). Setiap kali aplikasi pengolah kata itu dijalankan maka virus akan bekerja dan virus dapat menyerang program lain.
  • virus email adalah virus yang menjalar melalui attachment file pada email atau mengirim virus dirinya sendiri kepada orang orang dimana emailnya diserang oleh virus tersebut. Virus email bahkan dapat juga menyerang komputer penerima email hanya melalui preview tampilan email tanpa diklik oleh penerima email.
  • Trojan horse adalah program komputer yang menyamar sebagai game atau tampilan folder (sebenarnya bukan folder) yang ketika program tersebut dijalankan maka komputer tersebut akan berperilaku sesuai keingingan programmer. Dalam banyak kasus dokumen asli disembunyikan kemudian sebuah file program dengan nama sesuai dengan nama dokumen tersebut ditampilkan untuk menggantikan / menipu pengguna agar membuka program tersebut.
  • Worm adalah program komputer yang dapat menggunakan jaringan komputer dan memeriksa kelemahan komputer lain untuk menyerang dan menginveksi komputer lain.

Beberapa Alasan Mengapa Orang membuat virus

  • Vandalisme yaitu kebiasaan untuk meninggalkan jejak dimana orang tersebut pernah singgah. Awalnya mungkin dari iseng seperti menampilkan nama atau inisial di komputer yang diserang sampai tingkat yang jahat yang merusak.
  • Kesukaan dengan ledakan. Kembang api adalah efek ledakan yang membuat orang senang seperti halnya film-film perang ataupun kecelakaan di arena balap. Anak kecil yang suka ledakan akan mencoba dengan ledakan ledakan yang lebih besar. Seorang programmer yang nakal akan mencoba untuk membuat ledakan ledakan dengan virus.
  • Adanya lubang keamanan. Seorang programmer yang melihat suatu kelemahan dari suatu sistem akan berusaha memanfaatkan kelemahan tersebut dengan membuat program untuk kepentingan dirinya sebelum orang lain berbuat hal yang sama.
  • Meniru orang lain. Ketika ada orang lain yang membuat virus maka programmer virus mendapatkan pengalaman untuk membuat virus yang sama atau bahkan yang lebih jahat.

Tips menghindari virus:

  • Jangan membuka flashdisk dengan double klik
    Ketika membuka isi flashdisk dengan double klik maka yang dijalankan pertama kali oleh komputer adalah file autorun.inf yang ada pada flashdisk jika file autorun.inf  memuat perintah untuk menjalankan file yang ada virusnya, maka sama saja telah mengaktifkan program tersebut. Sekali saja program virus dijalankan maka komputer akan terinfeksi dan selamanya akan terinfeksi. 
    Cara yang aman:
    Klik kanan pada my computer -> explore sehingga muncul dua panel explorer
    Untuk mengexplore gunakan tanda + yang ada di depan folder atau klik sekali saja pada nama folder yang akan dilihat isinya
  • Jangan membiasakan membuka autorun
    Pada saat flashdisk dimasukkan ke komputer, biasanya akan keluar autorun dan menampilkan pilihan untuk membuka atau menjalankan program. Jika saat itu yang dibuka adalah program virus dan lupa mengklik untuk menjalankan maka akan berakibat fatal.
    Cara yang aman:
    Jika muncul autorun maka klik cancel.
  • Jangan iseng untuk membuka file aneh yang tiba-tiba muncul.
    Kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah mencoba coba. Ketika di flashdisk terdapat file dengan nama "pesan untuk anda" atau "catatan harian saya" maka kita ingin melihat isinya.
    Cara yang aman:
    Pastikan file file yang ada di flashdisk adalah file yang aman. Jika ada file baru maka periksa dengan memilih tampilan detail (view detail), jika file tersebut adalah application maka kemungkinan berupa trojan horse.