Thursday, November 27, 2008

Trend Baru: Internet dimana saja menggunakan 3.5G

Internet dimana saja

Trend baru saat ini adalah menggunakan jaringan selular untuk mengakses internet.  Akses internet ini menggunakan modem untuk kartu selular dan laptop untuk mengakses internet. Modem ini biasanya berisi kartu selular dan ditancapkan ke port USB. Didalam modem sudah terpasang program autoinstall driver modem. Sehingga sangat mudah digunakan karena tinggal tancapkan ke laptop ataupun komputer dan siap digunakan untuk mengakses internet.

Nokia N6120 Classic

Modem yang digunakan berupa modem USB dan modem HP. Untuk akses kecepatan tinggi sampai dengan 3.5Mbps harus menggunakan modem pada jaringan HSDPA. Sedangkan untuk akses kecepatan sedang sampai dengan 256 Kbps menggunakan modem pada jaringan GPRS.Biasanya jika pada suatu daerah tidak terjangkau jaringan HSDPA/3.5G misalnya diluar kota maka pengguna tersebut masih dapat menggunakan jaringan GPRS.  Sehingga asal terjangkau jaringan selular minimal GPRS maka kita dapat mengakses internet. 

Modem HSDPA Speedup SU8300

Mengapa Unlimited?

Kecenderungannya orang menggunakan internet akan lupa waktu sehingga untuk pelanggan yang menggunakan 3.5G akan lebih banyak memilih paket unlimited.  Paket internet terbagi menjadi 3 yaitu:

  1. Paket berbasis volume /volume base
    Paket ini cocok untuk pelanggan yang suka surfing saja tanpa download. Kecepatan akses bisa sampai 3.5 MBps. Paket ini biasanya pelanggan dibatasi oleh besarnya trafik download dan upload dengan kuota tertentu misalnya 500Mega byte per bulan. Jika pelanggan memakai melebihi kuota maka akan dikenakan tarif normal GPRS sebesar 2 s/d 10 kbps. Jadi untuk pengguna yang sering download jangan menggunakan paket ini. 
  2. Paket berbasis waktu / time base
    Paket ini cocok untuk pelanggan yang ingin mendownload dengan akses yang singkat. Kita dapat membeli akses untuk 1 jam, 2 jam dst.  Kecepatan akses tinggi sampai 7,5Mbps tetapi dibatasi waktu, atau kelebihan waktu akan dikenakan tarif 350 rupiah per menit.  
  3. Paket Unlimited
    Paket ini ideal untuk pengguna internet yang ingin mengakses internet tanpa batas. Akan tetapi biasanya provider membatasi dengan kuota tertentu. Contoh: Telkomflash 256kbps memberikan kuota 3 GB untuk paket unlimited, artinya jika volume pemakaian kurang dari 3 GB maka pelanggan dapat mengakses internet dengan kecepatan 256 kbps, tetapi jika volume pemakaian lebih dari 3 GB maka kecepatan aksesnya menjadi 56kbps. 

Telkomflash Vs Indosat 3.5G Broadband

Kira kira 5 bulan yang lalu telkom memperkenalkan telkomflash unlimited. Namun ternyata telkomsel menghentikan paket aktivasi telkomflash 3.5G unlimitednya, ternyata indosat menganggap itu sebagai peluang. Para calon pelanggan telkomflash yang ingin mendaftar aktivasi telkomflash unlimited yang kecewa akhirnya masuk jadi pelanggan indosat 3.5G. Sekedar perbandingan, anda dapat melihatnya sendiri:

Telkomflash Vs Indosat